Bagaimana Memenangkan Perhatian Publik?
(Sekali Lagi Masih dalam Etika Beriklan)
Jakarta, dobeldobel.com
Dan kali ini saya mencoba membandingkan dua iklan antara kubu JK-Wiranto dan Mega-Pro. Produk Iklan terkenal terkadang memang bisa membantu pembentukan proses asosiasi dalam benak para pemilihnya, yang lebih sering adalah proses menggelitik dan menghiburnya sehingga alam bawah sadar manusia untuk gampang merekamnya dalam memori. Sehingga setiap kali dia melihat sesuatu yang sering dia temui di depan matanya, maka itulah yang diharap oleh sang pembuat kreatif iklan agar berhasil mendapatkan posisi paling depan dalam benak pemirsanya.
Ini yang disebut dengan positioning. So what is the important point? masalah pentingnya adalah menangkap apa yang tertjadi dan sering diingat di tengah masyarakat. Dalam pembahasan kali ini kita akan mengenyampingkan proses pembuatan kreatifnya, dan juga proses pembahasan masalah yang bersifat dampak destruktifnya. Namun begitu saya masih menerima komentar baik itu komentar negatif maupun kritik positif.
Yang sering jadi kesulitan dalam proses brainstorming (urun-rembug) adalah pencarian awal akan original idea dalam suatu produk iklan. Padahal kalau anda mau menggunakan logika terbalik, tinggal anda balik saja apa seh yang menjadi kecenderungan masyarakat? (Dan ini harus anda dapatkan melalui survey dan riset tentunya).
Coba bandingkan iklan kedua kandidat yang sama-sama menggunakan produk terkenal dan menempati posisi teratas di benak orang Indonesia pada masanya sendiri tentunya. Tapi inti dari kedua pesan telah disepakati sebagai salah satu iklan yang cerdik dalam hal memancing perhatian pemirsanya. Anda tidak setuju? Mungkin bisa kita bahas hal ini lebih lanjut!
Sidik Rizal
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
ChatBox
Popular Posts
-
Bersama Lilis Karlina saat di Restoran Gurih milik Is Anwar Entah kenapa saya kok mau-maunya menghubungi artis papan atas seperti Lilis Kar...
-
Masa Sulit Mungkin Lebih Banyak dari Kemudahan, Tapi Ternyata Cuma Sebentar Kok....!!! Bisa dibayangin gak seh, kalau kita kadang merasa...
-
Figur Paling Pantas Duduki Posisi Ketua Umum Golkar Bekasi, dobeldobel.com Fungsionaris DPP Golkar, Aartje Loppies, Sabtu pagi, 11 Juli 2009...
-
Gue mau tanya. Ketika gagal, biasanya kita suka cari kambing hitam bukan? Nah, yang gue tanyain, kenapa mesti kambing? Dan kenapa mesti ...
-
Bermula dari keinginan saya untuk memiliki koran maya sendiri (Cyber Newspaper), dan kemudian beberapa teman saya mendukung penuh. Kemudian ...
-
1. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 1 Ir. Samuel Koto (Padang Panjang, 5 Juli 1956)(L)(Jakarta Selatan) -Ketua DPP Partai Hanura -salah se...
-
Bekasi, dobeldobeldotcom. Nah beberapa contoh di bawah ini termasuk baliho baru yang entah kreatif atau memang mencoba membuat " niche ...
-
Saat aku membaca salah satu tulisan blogger anak-anak (tepatnya abg) yang begitu ketakutannya ia dinikahin oleh Syekh Puji, hingga terbawa m...
ewekw.. oh ya.. ada kontes STMJ jg neh
ReplyDelete